:
Breaking News

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Berinovasi, Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan yang Mudah dan Cepat

top-news
https://maduranetwork.id/public/uploads/images/photogallery/maanphotogallery29072024_011116_1_20240727_175229_0000.png

SUMENEP I MaduraNetwork.id  – Komitmen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat terus menunjukkan perkembangan positif.

 

Hal itu terlihat dari sejumlah inovasi layanan yang dihadirkan demi memberikan kemudahan kepada pasien dalam mengakses layanan kesehatan, terutama dalam urusan administrasi dan pendaftaran.

 

Di bawah kepemimpinan Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar, dr. Erliyati, M.Kes, rumah sakit milik Pemkab Sumenep ini tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Salah satunya adalah layanan Meja Konsultasi Mobile JKN (MJKN) yang mulai diterapkan sejak 9 Desember 2024.

 

“Meja konsultasi MJKN ini hadir sebagai komitmen kami, dalam memberikan kemudahan kepada pasien, khususnya yang ingin mendaftar ke Poliklinik,” ujar Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Erfin Sukayati, M.Kes, Rabu (28/05/2025).

 


Menurut Erfin, kehadiran MJKN merupakan tindak lanjut atas kebijakan BPJS Kesehatan yang mewajibkan rumah sakit menerapkan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN.

 

“Kita tentu menyadari bahwa banyak masyarakat kita yang belum familiar dengan aplikasi ini, sehingga kami merasa harus menghadirkan layanan ini untuk memberikan kemudahan,” tambahnya.

 

Selain MJKN, rumah sakit ini juga telah lama menyediakan Instalasi Peduli Pelanggan (IPP). Unit layanan ini terletak di sebelah timur IGD, persis di samping pos keamanan pintu masuk area rawat inap.

 

“IPP ini hadir untuk membantu pasien mengatasi kendala apapun yang ada di rumah sakit. Pasien tidak perlu meminta bantuan orang lain, cukup ke IPP, pasti dilayani dan dibantu permasalahannya,” tegas Erfin.

 

Ia menambahkan, IPP juga telah terintegrasi dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan, di mana para petugasnya sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan demikian, peserta JKN-KIS maupun UHC tidak perlu khawatir jika menemui kendala.

 

“Selain di jam kantor, layanan IPP juga bisa diakses lewat sambungan telepon yang tersedia di seluruh unit layanan,” imbuhnya.

 

Berbagai kemudahan tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat. Salah satunya dari Hariyanto, warga Kecamatan Dasuk, yang mengaku sering mengantar tetangganya untuk berobat ke RSUD tersebut.

 

“Dengan pelayanan mudah seperti ini tentu sangat membantu. Terutama bagi pasien yang sering terkendala pengurusan administrasi, kadang harus bolak-balik hanya untuk urusan dokumen,” ungkapnya.

 

Sebagai warga pedesaan, lanjut Hariyanto, masyarakat pada umumnya ingin cepat ditangani saat tiba di rumah sakit dan tidak ingin direpotkan dengan prosedur administratif yang rumit.

 

“Ketika merasa cepat dilayani dan tidak banyak berurusan dengan administrasi, itu sudah sangat memuaskan bagi masyarakat,” tandas bapak dua anak tersebut.

 

Dengan semangat inovatif dan pelayanan prima, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus mengukuhkan diri sebagai rumah sakit rujukan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Inovasi layanan menjadi bukti nyata bahwa pelayanan kesehatan bisa semakin mudah, cepat, dan manusiawi. (yud)

 

https://maduranetwork.id/public/uploads/images/photogallery/maanphotogallery29072024_011116_1_20240727_175229_0000.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *