RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Terus Berinovasi, Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan yang Mudah dan Cepat

- Yudie -
- 29 May, 2025
SUMENEP I MaduraNetwork.id – Komitmen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat terus menunjukkan perkembangan positif.
Hal itu terlihat dari sejumlah
inovasi layanan yang dihadirkan demi memberikan kemudahan kepada pasien dalam
mengakses layanan kesehatan, terutama dalam urusan administrasi dan
pendaftaran.
Di bawah kepemimpinan Direktur
RSUD dr. H. Moh. Anwar, dr. Erliyati, M.Kes, rumah sakit milik Pemkab Sumenep
ini tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Salah satunya adalah layanan Meja
Konsultasi Mobile JKN (MJKN) yang mulai diterapkan sejak 9
Desember 2024.
“Meja konsultasi MJKN ini hadir
sebagai komitmen kami, dalam memberikan kemudahan kepada pasien, khususnya yang
ingin mendaftar ke Poliklinik,” ujar Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Erfin
Sukayati, M.Kes, Rabu (28/05/2025).
Menurut Erfin, kehadiran MJKN
merupakan tindak lanjut atas kebijakan BPJS Kesehatan yang mewajibkan rumah
sakit menerapkan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN.
“Kita tentu menyadari bahwa banyak
masyarakat kita yang belum familiar dengan aplikasi ini, sehingga kami merasa
harus menghadirkan layanan ini untuk memberikan kemudahan,” tambahnya.
Selain MJKN, rumah sakit ini juga
telah lama menyediakan Instalasi Peduli Pelanggan (IPP). Unit layanan ini
terletak di sebelah timur IGD, persis di samping pos keamanan pintu masuk area
rawat inap.
“IPP ini hadir untuk membantu
pasien mengatasi kendala apapun yang ada di rumah sakit. Pasien tidak perlu
meminta bantuan orang lain, cukup ke IPP, pasti dilayani dan dibantu
permasalahannya,” tegas Erfin.
Ia menambahkan, IPP juga telah
terintegrasi dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan, di mana para
petugasnya sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan
demikian, peserta JKN-KIS maupun UHC tidak perlu khawatir jika menemui kendala.
“Selain di jam kantor, layanan IPP
juga bisa diakses lewat sambungan telepon yang tersedia di seluruh unit layanan,”
imbuhnya.
Berbagai kemudahan tersebut
mendapatkan respons positif dari masyarakat. Salah satunya dari Hariyanto,
warga Kecamatan Dasuk, yang mengaku sering mengantar tetangganya untuk berobat
ke RSUD tersebut.
“Dengan pelayanan mudah seperti
ini tentu sangat membantu. Terutama bagi pasien yang sering terkendala
pengurusan administrasi, kadang harus bolak-balik hanya untuk urusan dokumen,”
ungkapnya.
Sebagai warga pedesaan, lanjut
Hariyanto, masyarakat pada umumnya ingin cepat ditangani saat tiba di rumah
sakit dan tidak ingin direpotkan dengan prosedur administratif yang rumit.
“Ketika merasa cepat dilayani dan
tidak banyak berurusan dengan administrasi, itu sudah sangat memuaskan bagi
masyarakat,” tandas bapak dua anak tersebut.
Dengan semangat inovatif dan
pelayanan prima, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus mengukuhkan diri sebagai
rumah sakit rujukan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Inovasi
layanan menjadi bukti nyata bahwa pelayanan kesehatan bisa semakin mudah,
cepat, dan manusiawi. (yud)
Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *