PUDAM Sumber Bahagia Bangkalan Sukses lewat Manajemen dan Pengembangan SDM

- Rusli Djunaidi
- 09 Mar, 2025
BANGKALAN, maduranetwork.id– Dalam kurun waktu dua tahun, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sumber Sejahtera, milik Pemkab Bangkalan, berhasil mencatatkan prestasi yang signifikan. Omzet dan laba perusahaan yang dulu bernama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumber Pocong ini mengalami kenaikan yang pesat, bahkan berhasil memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD) yang telah ditetapkan.
Menurut evaluasi kinerja yang dilakukan oleh
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada tahun 2022, kondisi
perusahaan masih dinilai kurang sehat dengan skor 2,51.
Namun, dalam satu tahun kemudian, kinerja
perusahaan mengalami perbaikan signifikan dengan skor 3,48, menjadikannya
perusahaan daerah yang sehat. Di tahun 2022, PUDAM mengalami kerugian sebesar
Rp 2,5 miliar, namun di tahun 2023, perusahaan berhasil mencatatkan laba
sebesar Rp 2,4 miliar.
Pencapaian ini tidak lepas dari kepemimpinan
Sjobirin Hasan yang menjabat sebagai Direktur PUDAM Sumber Sejahtera sejak awal
tahun 2023. Dengan pengalaman yang diperoleh dari kepemimpinan sebelumnya di
PDAM Bengkulu (2013-2021), Sjobirin berhasil melakukan pembenahan
besar-besaran, mulai dari manajemen SDM hingga aspek teknis operasional
perusahaan.
”Salah satu langkah pertama yang saya lakukan
adalah membenahi SDM. Saya melibatkan seluruh pegawai dalam penyusunan visi dan
misi perusahaan melalui sesi brainstorming, sehingga hasilnya lahir dari mereka
dan lebih bisa menjadi komitmen bersama,” ungkap Sjobirin.
Pembenahan SDM dilakukan dengan meningkatkan
kompetensi, mengubah mindset, dan membangun budaya kerja yang lebih transparan
dan menghilangkan ego sektoral antar bagian.
Dengan peningkatan kualitas SDM, PUDAM Sumber
Sejahtera juga berfokus pada peningkatan layanan publik kepada masyarakat. Hal
ini terbukti dengan meningkatnya kontribusi PUDAM terhadap PAD Kabupaten
Bangkalan, yang tercatat mencapai Rp 750 juta pada tahun 2023, dan diprediksi
mencapai Rp 1 miliar pada tahun 2024.
Tak hanya fokus pada kinerja eksternal, Sjobirin
juga memberikan perhatian lebih pada kesejahteraan pegawai. ”Kami
memperkenalkan berbagai inisiatif seperti peningkatan tunjangan pendidikan,
tunjangan hari raya, serta program pelatihan dan pengembangan karier. Semua ini
bertujuan untuk memastikan pegawai kami merasa dihargai dan termotivasi dalam
bekerja,” kata Kabag Umum PUDAM Sumber Sejahtera, M. Nasyiruddin Sulhan.
Namun, tantangan besar masih dihadapi PUDAM
dalam memperluas layanan air bersih. Saat ini, cakupan layanan air bersih di
wilayah perkotaan baru mencapai 23,62 persen, sementara untuk cakupan di
seluruh Kabupaten Bangkalan masih terbatas pada 11,58 persen.
Untuk itu, manajemen PUDAM sudah menyiapkan
rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM) dan rencana bisnis yang akan
selesai pada tahun 2025.
”Kami menyadari masih banyak yang harus
diperbaiki, dan kami mohon doa serta dukungan agar perusahaan ini bisa terus
berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Bangkalan,”
pungkas Sjobirin Hasan, yang optimistis dengan masa depan PUDAM Sumber Sejahtera.
Dengan manajemen yang lebih solid, kualitas
SDM yang terus ditingkatkan, dan layanan yang semakin diperluas, PUDAM Sumber
Sejahtera diharapkan dapat semakin berkontribusi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat Bangkalan di masa depan. (dj/adv)
Leave a Reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *